Cara Perawatan Jaringan Komputer

Cara Perawatan Jaringan Komputer

Cara Perawatan Jaringan Komputer – Perawatan pada jaringan komputer yang telah terpasang sangat dibutuhkan supaya fungsi dari jaringan tersebut dapat bekerja dengan ekstra. Bagaimana cara merawat jaringan komputer?

Untuk merawat jaringan, terlebih dahulu kita perlu mengenal beberapa perangkat yang ada dalam jaringan tersebut seperti komputer server, komputer client, HUB/Switch Hub, kabel jaringan dan konektor. Beberapa komponen pokok dalam jaringan tersebut perlu juga perawatan agar dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini cara perawatan jaringan komputer dengan mudah.

Perawatan Komputer Server

Komputer server adalah sebuah komputer pusa tentunya akan bekerja secara terus menerus untuk melayani semua komputer client yang terhubung ke server tersebut, maka dari itu agar kinerja komputer server tetap stabil diperlukan perawatan dan perhatian lebih. Perawatan pada server sehubung dengan data-data yang tersimpan secara terpusat di server agar dikelola dengan baik, lakukan backup data pada server secara berkala.

Selain dengan perawatan data, komputer server sebaiknya terdiri dari 2 unit yaitu server utama dan server pengganti, karena komputers server biasanya bekerja tanpa henti selama 24 jam sehingga sewattu-waktu terjadi kerusakan atau perawatan rutin, server pengganti akan dipasang untuk menggantikan server utama.

Perawatan Komputer Klien

Komputer client tidak seperti komputer server, kalau salah satu komputer client rusak, tidak sampai berpengaruh ke unit komputer lain dalam jaringan. Berbeda dengan komputer server, apabila terhadi keruskan maka komunikasi dalam harungan dapat terputus. meski demikian komputer klien juga tetap harus diberikan perawatan seperti membersihkan bagian dalam CPU dari debu, membersihkan virus, melakukan defrag file dan lainnya.

Perawatan Kabel Jaringan UTP

Jalur komunikasi dalam jaringan lokal selain wireless adalah menggunakan kabel, jadi kabel musti selalu diperhatikan secara rutin keberadaannya. Kabel merupakan komponen yang harus diperhatikan misalnya mengontrol posisi letak kabel jaringan, apakah sering dilalui tikus atau tidak, karena tikus suka sekali menggerogoti kabel. Kalau milasnya sering dilalui tikus, maka taruhlah jebakan tikus agar tidak mengganggu kabel jaringan.

Perawatan Konektor RJ45

Alat ini merupakan sebuah konektor sebagai penghubung antara kabel dengan kartu jaringan LAN Card/Network Card yang juga harus diperhatikan perawatannya. Misalnya membersihkanpin kuningan pada setiak konektor. Untuk membersihkan pin oknektor dapat menggunakan ampelas atau menggunakan peniti untuk membersihkan jamur yang tumbuh di sekitar sela pin berada. setelah dibersihkan, sikat pin tersebut.

Perawatan HUB/Switch HUB

Selain server sebagai pusat pengolahan data, fungsi HUB juga sangat penting. Bila HUB mengalami masalah, maka komputer yang terhubung ke jaringan melalui HUB tersebut ikut bermasalah dan tidak dapat berkomunikasi dengan baik pada perangkat komputer lainnya. Tempatkanlah HUB diruangan yang bersuhu udara tidak panas, bersihkan bagian luar casing HUB dari debu agar tidak telalu banyak masuk kebagian dalam HUB.

Tips diatas dapat anda lakukan secara garis besarnya saja, tentunya sebagai pengelola jaringan harus dapat mengetahui rancangan jaringan yang ada sehingga memudahkan dalam perawatan, misalnya menandai setiap kabel yang terhubung ke komputer klien dan komputer server atau dari komputer ke HUB. Tentunya hal ini sangat penting dalam emmbantu anda melakukan perawatan jaringan komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *