Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap

Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap

Router - Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap

Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap

Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap – Apabila KalianĀ  menggeluti dunia komputer jaringan. Maka anda pasti sering mendengar tentang TCP/IP, Hub, Switch, Bridge dan router. Dulu waktu zaman sekolah sering mendapat pertanyaan di buku LKS mengenai hal tersebut.

Salah satunya yang akan kita ulas yakni tentang router. Apa si fungsi router? Dan Jelaskan fungsi router? dan apa sih pengertian router?. Beranjak dari pertanyaan tersebut, dulu waktu sekolah banyak sekali buku panduan yang bisa digunakan sebagai rujukan.

Jadi dengan mudah untuk menjawab tentang fungsi, pengertian dan cara kerja tentang router. Nah, karena sekarang zaman sudah mulai go online, tidak salahnya saya mencoba mengulas melalui blog sederhana ini.

Router Adalah suatu alat yang ibaratnya adalah perantara. Jadi si router ini berguna untuk menguhubungkan beberapa jaringan/network. Baik itu jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda. Dari segi teknologinya karena alat yang berbeda semisal topologi bus, star, atau ring. Untuk lebih detilnya, mari simak ulasan pengertian router dan fungsinya lengkap dibawah ini.

Router pemahaman Jaringan Komputer

Memahami router adalah luar perangkat komputer atau perangkat yang mengirimkan paket data melalui jaringan internet ke perangkat lain atau tujuan menggunakan proses yang disebut routing yang.

Routing adalah proses yang terjadi ketika mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lain melalui tiga lapisan jaringan (internet protocol) tumpukan 7-lapisan protokol OSI.

fungsi router di Jaringan Komputer

cara kerja router - Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap

Fungsi router adalah untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan untuk informasi mentransmisikan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Dalam proses distribusi yang sinyal data informasi, perangkat baik menerima atau mengirim harus terhubung ke Internet.

Fungsi utama dari router itu sendiri, yaitu sebagai pembagi atau pemasok alamat IP statis atau dasar penggunaan DHCP (lihat juga: fungsi dhcp) ke seluruh perangkat. Atau komputer laptop terhubung ke perangkat router sebelumnya.

Setelah fungsi router itu berjalan, maka setiap komputer yang terhubung memiliki alamat IP yang unik .Sehingga dapat digunakan untuk browsing, pengaturan LAN dan internet.
Penggunaan router itu sendiri adalah yang paling sering kita jumpai. Di kafe, kantor, administrasi sekolah, perhotelan dan berbagai bisnis atau tempat untuk menggunakan fasilitas layanan internet.

teknologi router sendiri sekarang lebih modern dan canggih dengan fungsi nirkabel mereka. Dengan keunggulan ini. Setiap perangkat atau gadget yang sinyal gelombang dapat menangkap radio. Dapat menerima gelombang radio yang dipancarkan oleh router sehingga Anda dapat langsung terhubung ke internet.

Jenis Router di Jaringan Komputer

JenisĀ  router dalam jaringan komputer pada umumnya dibagi menjadi dua jenis:

router statis adalah sebuah router yang ada di pengaturan secara manual oleh administrator yang memiliki tabel routing statis
router adalah router yang memiliki dinamis dan membuat tabel routing dinamis untuk melihat jaringan sinyal lalu lintas dan saling berhubungan dengan router lainnya.

Cara Kerja Router di Jaringan Komputer

Cara kerjanya disebut routing yang router yang memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data atau informasi sesuai dengan perjalanan untuk menjadi tuan rumah semacam ini sesama jaringan atau jaringan yang berbeda.

Logikanya sederhana, jika data / informasi yang ditujukan untuk host di jaringan lain, router akan berjalan ke jaringan.

Namun, jika data / informasi yang ditujukan untuk workstation pada jaringan, router akan memblokir data / informasi dari jaringan. Berikut adalah ilustari bagaimana router dalam jaringan komputer

Cara Kerja Router berdasarkan gambar ilustrasi di atas :

  1. Ada dua buah jaringan yang terhubung ke router pertama.
  2. Jaringan kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan untuk port jaringan yang tepat terhubung ke dua router = 192.155.2.0.
  3. Jika komputer B mengirimkan data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data k jaringan lain. Sama seperti jika komputer E mengirimkan data ke komputer F dan pola dalam sebuah jaringan.
  4. Namun, jika komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data ke komputer B melalui jaringan lain (jaringan 2 ke jaringan 1)

Berdasarkan uraian dan penjelasan dari gambar di atas, Anda harus memahami aliran pemahaman router, fungsi dan cara kerjanya. Nah, sekarang Anda mencoba untuk berlatih atau mengerti.

Demikian Seputar Informasi Mengenai Pengertian Dari Router Dan Fungsi Lengkap. Ikuti Terus Informasi menarik lain nya. Hanya Di acehsite.web.id