Pengertian Modem Beserta Jenis Dan Fungsinya

Pengertian Modem Beserta Jenis Dan Fungsinya

Pengertian Modem Beserta Jenis Dan Fungsinya – Modem merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai modulator dan juga demodulator. Modulator sendiri yang bearti penguat sinyal iformasi menjadi sinyal pembawa untuk dikirimkan. Sedangkan, demulator adalah pemisah antara sinyal informasi dan sinyal pembawa sehingga sebuah data dapat diterima dengan sempurna. Modem tentunya terbagi dalam dua jenis yantu sebagai berikut:

1. Modem Internal

Modem Internal

Modem Internal merupakan jenis modem yang sudah terpasang langsung dalam CPU sebuah komputer. Bentuknya berupa sebuah card yang dipasang dalam salah satu slot ekspansi mainboard, misalnya pada slot PCI atau ISa. Keuntungan nya adalah harganya lebih murah dan tidak membutuhkan banyak tempat, serta tidak membutuhkan adaptor, sehinggah lebih praktis jika menggunakan modem ini.

2. Modem Eksternal

Modem Eksternal

Modem Eksternal merupakan jenis modem yang pemasangannya berada diluar CPU. Dalam menghubungkan modem ini biasanya menggunakan port USB atau COM. Keunggulan dalam menggunakan modem ini adalah cukup fleksibel untuk dipindah-pindahkan dari satu komputer ke komputer lainnya.

Fungsi Dari Modem

1. Mengubah signal digital menjadi signal analog

2. Menghubungkan sebuah perangkat kedalam jaringan

3. Menerjemahkan sinyal dengan proses modulasi dan demodulasi

4. Memeriksa paker data untuk berkomunikasi

Jenis-Jenis Modem

Terdapat 4 jenis modem yaitu:

1. Modem Dial-Up

Modem Dial-Up

Berfungsi untuk menhubungkan komputer dan jaringan internet melalui kabel telepon. Modem ini bersifat internal dan langsung dipasang pada motherboard. Saat menggunakannya, Anda tidak dapat menggunakan telepon sementara waktu. Kecepata dalam aksesnya hanya 12-20 Kbps, tapi hampir semua perangkat komputer menggunakan modem jenis ini.

2. Modem Kabel

 Modem Kabel

Modem jenis ini dapat menghubungkan komputer dengan salutan Tv kabel. Kecepatan download dapat mencapai 27 Mbps dan kecepatan dalam upload nya mencapai 2,5 Mbps upstream. Layanan internet jenis ini biasanya tidak dibatasi hanya perlu melakukan pembayaran tiap bulannya.

3. Modem GSM

Modem GSM

Modem jenis ini memerlukan Simcard Gsm untuk dapat beroperasi. Modem ini termasuk kedalam jenis modem eksternal yang diharuskan dipasang ke port komputer. Orang biasanya menggunakan modem jenis ini untuk menghubungkan jaringan ke laptop. Tapi anda harus mengisi pulsa pada simcard anda sebelum menggunakannya.

4. Modem CDMA

 Modem CDMA

Modem jenis ini biasanya bereja pada jaringan CDMA, yang memungkinkan lebuh daru satu sinya menempati saluran transmisi tunggal, sehingga mengoptimalkan bandwith yang ada. Bedanya dengan GSM, CDMA tidak mematok frekuensi tertentu bagi penggunanya. Setiap saluran dapat menggunakan spektrum penuh yang ada. Harganya pun lebih mahal dibandingkan GSM, namun jalur komunikasi seluler dan data terpisah, sehingga konektivitas lebih stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *