Pengertian Newsgroup Beserta Fungsi dan Hirarki Newsgroup

Pengertian Newsgroup Beserta Fungsi dan Hirarki Newsgroup

Pengertian Newsgroup Beserta Fungsi dan Hirarki Newsgroup

Sebagai makhluk sosial, sudah menjadi naluri bagi manusia untuk saling berdiskusi dan berbagi informasi untuk kehidupan yang lebih baik serta wawasan yang lebih luas. Kemajuan teknologi di sekitar tahun 1970-1980-an memungkinkan manusia untuk saling berbagi informasi tanpa harus bertatap muka, yaitu dengan memanfaatkan Newsgroup.

Hingga masa kini, newsgroup terus mengalami perkembangan, yang juga merambah ke dunia media sosial seperti Facebook, Twitter, hingga Windows Messenger. Walaupun sistemnya berbeda-beda, namun fungsi newsgroup biasanya sama. Ingin mempelajari lebih detail mengenai pengertian newsgroup, hirarki newsgroup, fungsi newsgroup, dan perbedaan newsgroup dengan mailing list? Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

Pengertian Newsgroup

Newsgroup, seperti namanya yang berasal dari kata news (berita) dan group (kelompok) merupakan sebuah kelompok untuk berdiskusi mengenai suatu berita atau topik tertentu. Newsgroup disalurkan oleh UseNet, yaitu jaringan kelompok diskusi yang terdistribusi secara global.

Usenet sendiri pertama kali dicetuskan oleh mahasiswa pascasarjana bernama Tom Truscott dan Jim Ellis pada tahun 1979, yang kemudian dibangun sistemnya pada tahun 1980. Usenet dapat digunakan oleh user (pengguna) untuk membaca dan mengirim pesan dan artikel ke satu kategori atau lebih yang disebut dengan nama Newsgroup. Dalam banyak hal, Newsgroup hampir menyerupai dengan Bulletin Board System, yang juga merupakan cikal bakal forum di Internet yang banyak ditemukan di masa kini.

Newsgroup memerlukan software untuk membaca pesan-pesan yang terdapat di dalamnya, software tersebut dinamakan dengan Newsreader. Protokol yang digunakan pada Newsgroup adalah NNTP (Network News Transfer Protocol), yaitu protokol yang berfungsi untuk bertukar isi berita dalam jaringan Usenet.

Hirarki dalam Newsgroup

Berbeda dengan Bulletin Board System, newsgroup memiliki hirarki tersendiri untuk mengelompokkan beberapa tema sehingga mempermudah pengguna untuk mengatur info apa saja yang ingin dibaca dan memudahkan pengguna untuk menyimpan berita. Hirarki yang terdapat dalam newsgroup cukup banyak jumlahnya, namun yang paling umum ada 8 hirarki pada newsgroup :

Hirarki dalam Newsgroup

  1. comp.* : Singkatan dari computer, digunakan untuk diskusi yang bertopik seputar komputer.
  2. news.* : Digunakan untuk obrolan seputar usenet.
  3. sci.* : Digunakan untuk diskusi mengenai topik ilmu pengetahuan (science).
  4. rec.* : Digunakan untuk diskusi yang berkaitan dengan refreshing/rekreasi (game, hobi).
  5. soc.* : Digunakan untuk diskusi mengenai topik-topik sosial (sejarah, sosiologi, dsb).
  6. talk.* : Digunakan untuk topik-topik yang sering diperdebatkan seperti politik/agama.
  7. misc.* : Singkatan dari miscellaneous (aneka rupa), untuk topik beraneka ragam yang tidak ada dalam hirarki di atas.
  8. humanities.* : Digunakan untuk diskusi topik yang berhubungan dengan literatur/filsafat.

Hirarki tersebut dikenal pula dengan hirarki Usenet. Awalnya, hanya ada 7 hirarki yang dikenal dengan “Big Seven”, yaitu keseluruhan hirarki di atas dengan pengecualian humanities. Tujuh hirarki ini dibentuk pada tahun 1986-1987, setelah sebelumnya semua topik digabungkan dalam hirarki (alt.*). Namun seiring perkembangannya, pada tahun 1995, ditambahkan hirarki humanities.* yang mengubah “Big Seven” menjadi “Big Eight”.

Jadi, misalkan seseorang mengakses newsgroup seperti rec.arts.sf.starwars.games, bisa dipastikan bahwa newsgroup tersebut merupakan kelompok diskusi yang berisikan topik recreational (rekreasi) yang bisa jadi berisikan diskusi mengenai game mengenai Starwars.

Sebetulnya tidak hanya delapan hirarki yang ada pada newsgroup, bahkan jumlahnya lebih banyak lagi. Misalnya saja ada hirarki yang digunakan untuk menunjukkan diskusi pada negara tertentu, misalnya aus.* (untuk Australia), cn.* (untuk China), hk.* (untuk Hong Kong), dan masih banyak lagi.

Fungsi Newsgroup

Fungsi Newsgroup

Fungsi utama newsgroup adalah mewadahi orang-orang yang ingin berbagi informasi mengenai berbagai hal yang diketahuinya dan juga orang-orang yang ingin berdiskusi mengenai hal tersebut. Secara singkat, fungsi-fungsi lainnya dari newsgroup dapat dirangkum dalam beberapa poin berikut :

  1. Mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat sama untuk saling berdiskusi.
  2. Media berbagi pengetahuan tentang berbagai hal yang positif untuk pengembangan wawasan.
  3. Memangkas kebutuhan tempat dan waktu banyak orang untuk berdiskusi. Tiap orang tidak lagi harus berada di satu tempat dan waktu yang sama untuk bisa saling berbagi informasi.

Perbedaan Newsgroup dengan Mailing List

Walaupun memiliki fungsi yang relatif sama, namun terdapat perbedaan antara newsgroup dan mailing list yang disajikan dalam beberapa poin berikut berikut.

1. Keanggotaan

Terdapat perbedaan sistem antara newsgroup dan mailing list di sistem keanggotaan. Jika pada mailing list pengguna harus mendaftar terlebih dahulu di suatu kelompok diskusi untuk bisa melihat dan mengikuti perkembangan obrolan, pada newsgroup pengguna tidak perlu mendaftarkan diri dan dapat langsung bergabung untuk diskusi.

2. Akses Informasi

Perbedaan kedua ada pada cara mengakses informasi yang ada. Pada mailing list, para pengguna akan mendapatkan email yang berisikan informasi yang dibagikan oleh salah satu anggota kelompok, berbeda dengan newsgroup yang jika seseorang ingin mengetahui info tertentu, ia harus lebih proaktif untuk mencari newsgroup yang sesuai dengan kebutuhannya.

3. Update Berita Terbaru

Pada sistem mailing list, anggota dalam suatu kelompok akan selalu mendapatkan informasi terbaru dalam waktu seketika, karena sistem pembagian informasi langsung dikirim dan sampai di inbox anggota milist. Berbeda dengan newsgroup, jika kurang aktif membuka newsgroup, bisa dipastikan ada sedikit banyak ketertinggalan informasi yang telah dibagikan ketika tidak membuka newsgroup.

4. Kapasitas Penyimpanan

Jika sebuah mailing list memiliki anggota yang sangat aktif, akan ada banyak informasi yang dibagikan, yang bisa memakan kapasitas penyimpanan email sehingga lebih cepat penuh. Belum lagi dengan adanya spam atau info-info yang tidak dibutuhkan oleh anggota milist. Beda halnya dengan newsgroup yang tidak dalam bentuk email sehingga akun email seseorang tidak akan terbebani informasi terbaru yang belum tentu sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *