Pengertian Topologi Bus Pada Jaringan Komputer

Pengertian Topologi Bus Pada Jaringan Komputer

Topologi Bus merupakan sebuah topologi yang media transmisinya menggunakan kabel tunggal atau kabel pusat tempat yang menghubungkan client dan server.

Topologi jaringan komputer ibarat sebuah desain, itu artinya topologi merupakan desain awal dari sebuah jaringan komputer, dimana akan menjadi patokan utama dari para teknisi jaringan untuk membuat dan juga membangun sebuah jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan juga pentingnya penggunaan topologi jaringan kompter:

  • Untuk membantu mengidentifikasi hardware apa saja yang diperlukan dalam membuat suatu jaringan
  • Untuk mengestimasi biaya dari pembuatan jaringan
  • Untuk membantu pembuatan jaringan komputer agar menjadi leih baik da juga tepat sasaran
  • Mencegah terjadinya tumpang tindih fungsi dari komponen hardware pada sebuah jaringan

Cara Kerja Topologi Bus

cara kerja jaringan komputer yang diimplementsikan berdasarkan topologi jaringan bus sebebnarnya sangat sederhana. Bus ini merupakan penghubung antar ujung kabel dalam suatu jaringan komputer. Jadi setiap sambungan akan memiliki bus sebagai konektor. Pada akhir atau ujung dari sambungan, maka akan ditutup dengan sebuah komponen yang kita sebut dengan istilah terminator.

Penggunaan Topologi Bus agar optimal

Untuk dapat bekerja secara optimal, suatu jaringan komputer yang menggunakan dasar implementasi dari topologi bus membutuhkan DAP atau Distribution Access Protocol, yang merupakan sumber utama mengenai stasiun mana yang akan mengirimkan informasi pertama kali dalam sebuah jaringan. DAP memiliki cara kerja yang murip seperti swicth ataupun hub yang digunakan pada sistem jaringan komputer yang menggunakan implementasi dari topologi star.

Hardware Untuk Menggunakan Topologi Bus

  • server
  • Client Atau User
  • Bus
  • Terminator

Itu adalah komponen penting yang harus anda perhatikan apabila anda ingin membangun suatu jaringan komputer yang menggunakan implementasi dari topologi bus di dalam wilayah anda.

Ciri-Ciri penggunaan topologi bus pada jaringan komputer

Topologi bus memiliki beberapa ciri – ciri utama yang dapat kita identifikasi dalam suatu jaringan komputer. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri utama dari topologi jaringan bus dalam suatu jaringan komputer :

  • Menghubungkan antar kabel secara linear secara seri
  • Tidak menggunakan peralatan atau hardware aktif
  • Menggunakan conector tipe T
  • Dukungan teknis yang sangat jarang

Kekurangan Topologi Bus

1. apabila laju transfer data tinggi, maka kinerja dari bus menjadi memburuk
2. Sulit untuk melakukan troubel shooting ketika terjadi masalah pada sistem jaringan yang menggunakan topologi bus
3. Transfer rate akan menurun apabila tiap komputer membutuhkan akses data yang tinggi.
4. Instalasi yang rumit
5. Tidak disarankan untuk penggunaan jaringan komputer dengan jumlah yang banyak dan waktu yang lama
6. Satu kabel putus atau rusak, maka akan berpengaruh pada sistem jaringan lainnya.

Kelebihan Topologi Bus

1. Tidak membutuhkan banyak kabel
2. Apabila satu jaringan mengalami kegagalan, maka tidak akan berpengaruh pada seluruh jaringan
3. Tidak memerlukan hardware aktif, seperti hub dan juga switch

Kapan Menggunakan Topologi Bus

Pada dasarnya pengunaan topologi bus dalam suatu jaringan komputer dapat diaplikasikan untuk membantu memudahkan koneksi antar user atau client dengan server dalam satu jaringan dengan mudah. Hai ini terutama apabila satu server hanya ditugaskan untuk melayani sedikit client atau server.

Namun terkadang yang dapat menyebabkan masalah adalah apabila terjadi gangguan pada jaringan yang menggunakan topologi bus ini. Gangguan akan sulit terdeteksi penyebab utamanya, karena jaringan komputer yang menggunakan sestem topologi bus ini tidak memiliki jaringan aktif seperti hub ataupun switch.

Itu adalah beberapa informasi lengkap seputar topologi jaringan bus. Apabila melihat dari fungsinya, memang topologi jaringan bus ini kurang cocok untuk diaplikasikan dan juga di implementasikan pada ruangan dengan jumlah komputer yang banyak, karena instalansinya yang cukup rumit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *